Struktur Data Dalam Teknik Informatika | UBP Karawang
Struktur Data Dalam Teknik Informatika | UBP Karawang |
“I will, in fact, claim that the difference between a bad programmer and a good one is whether he considers his code or his data structures more important. Bad programmers worry about the code. Good programmers worry about datastructures and their relationships.”
BIT
}Bit Adalah digit binary
}1 bit = 1
digit angka 0 atau 1
}Contoh 4 bit=0011
}Bit adalah data terkecil
dalam komputer, dan data inilah yang dikenali oleh komputer
}Setiap angka selain
biner, agar dapat dipahami komputer akan diterjemahkan dulu oleh system ke
dalam bil. biner
Byte
}Byte adalah kumpulan
beberapa bit
}1 byte=8 bit
}Byte merupakan satuan
penyimpanan data terkecil
}Urutan =
◦Byte->KB->MB->GB->TB
dst
Struktur Data Standar
•Data : Obyek-obyek / elemen-elemen yang dimanipulasi atau informasi
yang diproses oleh komputer.
•Tipe Data : Himpunan semua nilai yang mungkin dari suatu data
•Tipe Data
Abstrak : Suatu model matematis bersama-sama dengan operasi yang di-
definisikan padanya.
Contoh :
satu box disket dapat dianggap sebagai tipe data operasi-operasinya :
- mengambil disket
- menambah disket pada box.
• Struktur Data : Koleksi dari obyek-obyek yang pengorganisasinya dikarakteristikan
berdasarkan pada cara mengakses obyek tersebut.
Ada tiga level view, yaitu:
• Tingkat Logikal /
Abstrak
• Tingkat Implementasi
• Tingkat User / Aplikasi
Bentuk-bentuk Struktur Data
1. Array : adalah koleksi dari obyek-obyek yang sejenis (tipe datanya sama) dengan sifat akses
individual dilakukan dengan menyebut indeksnya.
Bentuk Umum :
Tipe_data nama_var[indeks]
Contoh:
}float nilai[10] : artinya 10 elemen yang semuanya bertipe float yaitu nilai[1] ... nilai[10]
}int no[5] :
artinya 5 elemen yang semuanya bertipe integer yaitu no[1] ... no[5]
2. Record : adalah koleksi dari obyek-obyek yang tipenya tidak harus sama dan akses individual
/ obyek dilakukan dengan menyebut namanya. Obyek-obyek tersebut dinamakan field.
Field 1 …..
|
NoMhs
|
Char
|
Field 2 …..
|
Nama
|
Char
|
Field 3 …..
|
Nilai
|
Float
|
Bentuk umum :
Typedef struct Nama_Struktur
{ tipe_1 field_1;
tipe_2 field_2;
............
tipe_N field_N;
};
Nama_Struktur Var_struktur;
Contoh:
Typedef struct struk_nilai { char nomhs[9];
char nama[16];
float
nilai;
};
struk_nilai nilai_mhs;
3. Pointer : adalah variabel yang menyimpan alamat suatu memory bukan menyimpan suatu nilai.
Bentuk Umum :
Tipedata *nama_pointer
Contoh:
} int *p
} float
*nilai
} char *s
Untuk mendeklarasikan sebuah pointer kosong pada memory digunakan perintah *malloc(size_t size)
Contoh:
} p = (int *) malloc(sizeof(int));
} q = (int *) malloc(sizeof(int));
Komentar
Posting Komentar