Struktur Data Dalam Teknik Informatika | UBP Karawang


Struktur Data Dalam Teknik Informatika | UBP Karawang
Struktur Data Dalam Teknik Informatika | UBP Karawang

“I will, in fact, claim that the difference between a bad programmer and a good one is whether he considers his code or his data structures more important. Bad programmers worry about the code. Good programmers worry about data
structures and their relationships.”
-- Linus Torvalds

BIT

}Bit Adalah digit binary
}1 bit = 1 digit angka 0 atau 1
}Contoh 4 bit=0011
}Bit adalah data terkecil dalam komputer, dan data inilah yang dikenali oleh komputer
}Setiap angka selain biner, agar dapat dipahami komputer akan diterjemahkan dulu oleh system ke dalam bil. biner

Byte

}Byte adalah kumpulan beberapa bit
}1 byte=8 bit
}Byte merupakan satuan penyimpanan data terkecil
}Urutan =
Byte->KB->MB->GB->TB dst
  

Struktur Data Standar


Data                        : Obyek-obyek / elemen-elemen yang   dimanipulasi atau informasi
                                   yang diproses oleh komputer.
Tipe Data                : Himpunan semua nilai yang mungkin   dari suatu data
Tipe Data Abstrak  : Suatu model matematis   bersama-sama dengan operasi yang di- 
                                    definisikan padanya.
Contoh :
  satu box disket dapat dianggap sebagai tipe data operasi-operasinya
  •    mengambil disket
  •     menambah disket pada box.
Struktur  Data : Koleksi dari obyek-obyek yang pengorganisasinya dikarakteristikan
                              berdasarkan pada cara  mengakses obyek tersebut.  
Ada tiga level view, yaitu:
  Tingkat Logikal / Abstrak
   Tingkat Implementasi
   Tingkat User / Aplikasi
 
 
 

Bentuk-bentuk Struktur Data 

 
1.  Array : adalah koleksi dari obyek-obyek yang sejenis (tipe datanya sama) dengan sifat akses individual dilakukan dengan menyebut indeksnya.
Bentuk Umum : 
Tipe_data  nama_var[indeks]
Contoh:
}float nilai[10]  : artinya 10 elemen yang semuanya bertipe float yaitu  nilai[1] ... nilai[10]
}int no[5]         : artinya 5 elemen yang semuanya bertipe integer yaitu  no[1] ... no[5]
 
 
2.   Record : adalah koleksi dari obyek-obyek yang tipenya tidak harus sama dan akses individual / obyek dilakukan dengan menyebut namanya. Obyek-obyek tersebut dinamakan field.

Field 1 …..
NoMhs
Char
Field 2 …..
Nama
Char
Field 3 …..
Nilai
Float

Bentuk umum :
Typedef struct  Nama_Struktur 
                          {  tipe_1   field_1; tipe_2   field_2;  ............
                           tipe_N   field_N; 
                           };
Nama_Struktur   Var_struktur;
Contoh:
Typedef struct struk_nilai  { char nomhs[9];
                          char nama[16];
                          float nilai; 
                          };
struk_nilai   nilai_mhs;

3.   Pointer : adalah variabel yang menyimpan alamat suatu memory bukan menyimpan suatu nilai.
Bentuk Umum : 
Tipedata  *nama_pointer
Contoh:
}  int  *p
}  float  *nilai
}  char  *s

 
Untuk mendeklarasikan sebuah pointer kosong pada memory digunakan perintah *malloc(size_t size)
Contoh:
}  p = (int *) malloc(sizeof(int));
}  q = (int *) malloc(sizeof(int));
  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Verifikasi dan Validasi | Basis Data UBP Karawang

Tugas 1 ANALISIS & DESAIN SISTEM BERORIENTASI OBJEK | UBP Karawang